Tensi Pilkades Serentak di Muratara Mulai Meningkat

Tensi Pilkades Serentak di Muratara Mulai Meningkat

Foto Pilkades di Kecamatan Karang Dapo--

Tensi Pilkades Serentak 2023 Mulai Meningkat

 

MURATARA, oganilir.co -Wacana masa jabatan kepala Desa menjadi 9 tahun, dengan kenaikan Dana Desa 20 persen. Membuat tensi persaingan Pemilihan 25 kepala Desa Serentak (Pilkades) 2023, di Kabupaten Muratara, semakin meningkat.

 

Para calon yang bakal maju mengikuti pemilihan Kepala Desa serentak 2023 di Muratara, berangkat dari multi profesi dan golongan. Mulai dari mantan perangkat desa, politisi lokal, tokoh masyarakat, pengusaha, warga sipil, tokoh pemuda, hingga pengangguran.

 

Apriyadi warga Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara saat dibincangi Senin 10 Juli 2023 sekitar pukul 11.00 WIB, menuturkan, Pilkades saat ini menjadi momentum barometer perpolitikan lokal, mulai dari Pileg hingga Pilkada. Pasalnya, profesi Kepala Desa selain dianggap sebagai pemimpin masyarakat ditingkat desa, juga dianggap banyak memiliki masa.

 

Jadwal 25 Pilkades serentak di Muratara dilakukan awal November 2023, diprediksi akan menjadi pertarungan politik lokal yang cukup intes, karena cukup banyak pihak yang akan ikut terlibat.

BACA JUGA:Anggaran Pilkada OKI Fantastis, ini Jumlahnya

 

"Jadwal Pilkades duluan dari Pileg dan Pilkada, otomatis yang nak nyalon Pileg dan Pilkada, mau tidak mau ikut tanam investasi, untuk memenangkan jargon calon kades masing masing," bebernya. 

 

Saat ini, animo masyarakat untuk mengikuti 25 Pilkades serentak di Kabupaten Muratara, cukup tinggi. "Masa jabatan 6 tahun bae ado yang tahan sehabis habisan modal. Apo lagi, sekarang ado wacana masa jabatan kades jadi 9 tahun, di tambah kenaikan dana desa 20 persen," bebernya.

Sumber: