Heboh Rp14,8 Triliun Masuk ke Rekening Perangkat Desa di Tuban, Ternyata Bukan yang Pertama

Heboh Rp14,8 Triliun Masuk ke Rekening Perangkat Desa di Tuban, Ternyata Bukan yang Pertama

Saldo milik Cahyo Hermawan di bank pelat merah yang tiba-tiba terisi dana Rp 14,8 triliun. Foto: dokumentasi Cahyo Hermawan untuk jpnn.com/oganilir.co.--

BACA JUGA:Misteri Kepala Kantor Kemenag Grobogan Akhiri Hidup dengan Gantung Diri, Diduga Depresi

"Tiba-tiba teller langsung mencoret buku tabungan saya dengan nominal Rp 14,8 triliun yang tercetak itu dengan alasan komputer sedang eror," kata Cahyo.

Meski demikian, Cahyo tetap mempertanyakan alasan pihak bank mencoret buku tabungannya. Dia beralasan tidak ada uang keluar dari rekeningnya.

Cahyo menegaskan bukan hanya dirinya yang mengalami hal itu. Dia merujuk pemberitaan tentang pegawai di Sekretariat DPRD Buol, Sulawesi Tengah, yang juga mengalami hal serupa.

Nominal yang ditransfer pun sama dengan yang ada di rekening Cahyo. "Ini aneh," ucapnya.

BACA JUGA:Jaksa Lawan Putusan Banding yang Mengurangi Hukuman Mantan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin

Kasus serupa juga dialami NS, seorang honorer di Sekretariat DPRD Buol, Sulawesi Tengah. Saldo di rekening tabungannya juga bertambah menjadi Rp 14,8 triliun.

Sementara itu, seorang pegawai honorer di Sekretariat DPRD Buol, Sulawesi Tengah (Sulteng) inisial NS kaget saat mengetahui saldo rekening tabungannya bertambah hingga menjadi Rp14,8 triliun. Hal itu diketahui, saat ia akan mengurus Bantuan Langsung Tunai/ BLT subsidi gaji ke bank.

Kabar aliran dana misterius itu pun viral lantas ramai menjadi topik perbincangan hangat di jejaring media sosial Facebook. Menurut informasi, rekening tersebut awalnya dibuat NS pada tahun 2018 dan terakhir aktif pada tahun 2020.

Karena menggunakan rekening lama, ia pun menyetorkan uang Rp100.000 untuk aktivasi di Bank Negara Indonesia (BNI). Namun hal mengejutkan terjadi, saldo di rekeningnya mencapai Rp 14,8 triliun.

BACA JUGA:Jaksa Lawan Putusan Banding yang Mengurangi Hukuman Mantan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin

Setelah menerima buku tabungan, ia kembali ke Kantor DPRD Buol, dan memperlihatkan rekeningnya ke Sekretaris Dewan, Ketua DPRD Buol dan rekan-rekannya. Ketua DPRD Buol, Srikandi Batalipu mengatakan bahwa benar di dalam buku rekening milik stafnya tersebut tercantum uang senilai Rp14,8 triliun.

"Benar, kami diperlihatkan bukunya di situ tertera Rp 14, 8 triliun," kata Srikandi saat dimintai konfirmasi, Rabu 28 September 2022.

Srikandi menuturkan bahwa dirinya lantas meminta NS untuk segera melapor ke Polres Buol. Sebab, dikhawatirkan ada kesalahan dari pihak Bank ataupun ada yang salah transfer.

"Saya arahkan saja melapor ke Polisi atau ke pihak bank, karena barangkali ada kesalahan atau bagaimana," katanya.

Sumber: