Maaf Ya, Tak Ada Komentar Komnas HAM Usai Ikuti Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J Selama 4 Jam

Maaf Ya, Tak Ada Komentar Komnas HAM Usai Ikuti Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J Selama 4 Jam

Pimpinan Komnas HAM yang mengikuti rekonstruksi perkara pembunuhan berencana Brigadir J/Repro--

JAKARTA, OGANILIR.CO - Rekonstruksi atau reka ulang peristiwa pembunuhan Brigadir Novriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J di kediaman pribadi mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo selesai diikuti Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Berdasarkan pantauan Kantor Berita Politik RMOL di lokasi, ada tiga pimpinan Komnas HAM yang mengikuti rekonstruksi perkara pembunuhan berencana Brigadir J di rumah pribadi Ferdy di Jalan Saguling III, Kompleks Pertambangan, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan,  Selasa (30/8).

Ketiga pimpinan Komnas HAM tersebut ialah Ahmad Taufan Damanik, Choirul Anam, dan Beka Ulung Hapsara, yang terpantau keluar dari rumah pribadi Sambo pada pukul 13.53 WIB.

Ketiga pimpinan Komnas HAM tersebut irit bicara saat dimintai tanggapannya mengenai proses rekonstruksi yang berjalan.

BACA JUGA:Demi Kepentingan Penyidikan dan Penuntutan, Alasan Kuasa Hukum Brigadir J Tak Diizinkan Ikut Rekonstruksi

Akan tetapi, Beka hanya menyampaikan waktu yang diikuti Komnas HAM dalam proses rekonstruksi yang dilakukan Polri di lokasi pertama ini.

"Sudah empat jam (memantau)," kata Beka singkat yang tergesa-gesa berjalan menuju mobilnya.

Beka bersama Taufan serta Choirul Anam akan lanjut mengikuti reka ulang kejadia di lokasi kedua, yakni di rumah dinas Ferdy, di Kompleks Polri, Jalan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

"Ini belum selesai," ucap Beka.

BACA JUGA:Ada Adegan Pelukan Ferdy Sambo dan Ibu Putri Saat Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir Yoshua

Untuk jumlah adegan rekonstruksi ini, Polri akan melaksanakan total 78 adegan dari tiga lokasi kejadian yakni rumah pribadi dan rumah dinas dibilangin Jakarta Selatan, serta rumah Ferdy di Magelang.

Ada lima tersangka yang mempergakan kejadian sebelum dan di saat Brigadir J terbunuh. Di antaranya Irjen Ferdy Sambo (FS) beserta sang istri Putri Candrawathi (PC), ajudannya Bharada Richard Eliezer dan Bripka Ricky Rizal (RR), serta sopirnya Kuat Maruf (KM). 

Reka Ulang 27 Adegan di Duren Tiga dan 35 Adegan di Saguling

Rekonstruksi tragedi Duren Tiga masih berlangsung. Namun rencananya Reka ulang pembunuhan Brigadir Joshua oleh Ferdy Sambo Dkk akan dilakukan di 2 tempat.

Sumber: rmol.id