Banyak Habitat Buaya, Polres Mura Larang Warga Melakukan Aktivitas di Sungai Lesing

Banyak Habitat Buaya, Polres Mura Larang Warga Melakukan Aktivitas di Sungai Lesing

Bhabikamtibmas dan warga menunjuk lokasi kemunculan buaya muara di Sungai Lesing, Kecamatan Purwodadi, Musi Rawas. --

Banyak Habitat Buaya, Polres Mura Larang Warga Melakukan Aktivitas di Sungai Lesing 

MUSI RAWAS, oganilir.co - Polres Musi Rawas (Mura) kembali mengimbau agar warga di seputar wilayah Kecamatan Purwodadi tetap waspada saat melakukan aktivitas di Sungai Lesing. Pasalnya, lokasi ini masih banyak didapati hewan buas seperti buaya yang baru-baru ini menerkam warga di Desa Sadakarya, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Mura.

 

Kapolres Mura AKBP Danu Agus Purnomo melalui Kapolsek Purwodadi Iptu Eryunik mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan monitoring secara langsung lokasi tempat kejadian warga diterkam buaya sungai. Anggota Bhabinkamtibmas Desa Sadarkarya Briptu Kurnia Adi, melaporkan aliran Sungai Lesing memang masih alami dan banyak didapati hewan liar seperti buaya air tawar.

 

"Kami mengingatkan dan menghimbau kepada warga masyarakat untuk tidak mencari ikan di lokasi sungai tersebut dan supaya berhati-hati dikarenakan adanya habitat buaya muara di sungai," kata Eryunik, Sabtu 16 September 2023.

 

Dia mengaku, konflik warga dengan hewan liar seperti buaya, bukan sekali dua kali terjadi di wilayah Kecamatan Purwodadi. Bahkan sebelumnya, warga sempat menangkap buaya air tawar sepanjang 3 meter karena masuk ke dalam kolam ikan milik warga. Buaya itu sempat diserahkan ke Polsek Purwodadi dan menjadi tontonan warga  di 2018 lalu.

BACA JUGA:3 Warga Desa Terusan Laut OKI Menangkarkan Buaya Sejak 2015, ini Modusnya

 

Suprapto, mantan lurah Purwodadi mengungkapkan, jika Sungai lesing, maupun Sungai Megang di wilayah Musi Rawas memang menjadi habitat buaya muara.

 

"Kalau di Sungai Lesing itu memang banyak buayanya mas. Warga di sini sudah tahu semua, karena sungainya masih alami dan masih hutan," kata Suprapto. Dia mengaku dulu dari Dinas Kehutanan sudah pernah melakukan observasi untuk mengecek keberadaan satwa liar seperti buaya di Sungai Lesing dan Sungai Megang.

 

Sumber: