Penjualan iPhone 15 Turun, Huawei Laris Manis

Penjualan iPhone 15 Turun, Huawei Laris Manis

iPhone 15.--

Penjualan iPhone 15 Turun,  Huawei Laris Manis

oganilir.co - Target penjualan smartphone Apple iPhone 15 mengalami penurunan. Penurunan penjualannya sebesar 4,5 persen dibandingkan dengan iPhone 14 yang dirilis tahun sebelumnya selama hampir tiga pekan penjualan produk terbaru Apple tersebut.

Namun produk fenomenal pabrikan China, Huawei Mate 60 Pro justru mencetak penjualan fantastis dengan mencatat 1,6 juta unit terjual dalam waktu hanya enam pekan. 

Dikutip dari Reuters yang melaporkan riset dari Counterpoint, dari total penjualan ini, 400 ribu unit terjual dalam dua minggu terakhir. Periode ini bertepatan dengan peluncuran seri iPhone 15 dari Apple.

BACA JUGA:iPhone 15 Diluncurkan Hari ini di Indonesia, Bandingkan Spesifikasinya dengan Series Sebelumnya

Huawei Mate 60 Pro jadi produk paling laris dalam periode ini di China. Mengalahkan Apple yang merupakan penguasa pasar negara itu sejak lama.

Turunnya minat pasar China terhadap iPhone 15 sangat mempengaruhi penjualan produk Apple tersebut secara global.

Data dari Counterpoint menunjukkan bahwa penjualan ponsel buatan Apple mengalami penurunan sebesar 9 persen pada kuartal ketiga tahun 2023 dibandingkan dengan tahun sebelumnya (YoY). Hal ini tidak lepas dari besarnya pasar gadget di China.

Huawei Mate 60 Pro sendiri diluncurkan pada akhir Agustus lalu dengan berbagai fitur yang mempesona, seperti teknologi jaringan 5G yang membuat otoritas Amerika Serikat (AS) panik.

BACA JUGA:Bingung Pilih Samsung Galaxy S24 Ultra atau iPhone 15, ini Perbandingannya

Pemerintahan Joe Biden menuduh Huawei telah melanggar sanksi perdagangan dan menggunakan teknologi dari AS secara diam-diam untuk mengembangkan chip 5G untuk Mate 60 Pro.

Namun tuduhan pemerintah AS itu terbukti salah kaprah karena chip tersebut merupakan rancangan internal dari divisi Huawei dan diproduksi oleh pabrikan lokal SMIC.

Berapa Harga iPhone 15 di Indonesia? Sejak diluncurkan di China, Huawei Mate 60 Pro mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat setempat. Ponsel ini bahkan sempat habis terjual dan baru kembali tersedia di pertengahan September.

Sumber: