Sadis, Paus Orca Tenggelamkan Kapal Pesiar di Lepas Pantai Maroko

Sadis, Paus Orca Tenggelamkan Kapal Pesiar di Lepas Pantai Maroko

Paus Orca.--

Sadis, Paus Orca Tenggelamkan Kapal Pesiar di Lepas Pantai Maroko

MAROKO, oganilir.co - Keganasan paus orca atau paus pembunuh kembali mengganggu lalu lintas kapal yang  melintas di lepas pantai Maroko. Pekan lalu, sekelompok paus orca kembali menyerang dan menenggelamkan kapal pesiar di lepas pantai Maroko. Kelompok paus ini hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk membuat kerusakan kapal yang tidak dapat diperbaiki.

Kejadian itu terjadi pada Selasa 31 Oktober 2023 yang menimpa rombongan tur sedang berlayar melintasi Gibraltar. Jalur sempit yang menjembatani Laut Mediterania dan Samudra Atlantik, memisahkan ujung selatan Eropa dan Afrika utara.

Dilansir dari CBS News, Kamis 9 November 2023, sekelompok paus orca tersebut menambarak sirip kemudi secara terus menerus selama 45 menit. Sehingga, menyebabkan kerusakan besar dan kebocoran pada kapal.

BACA JUGA:Apple Luncurkan Watch Ultra 2, Dijamin Bandel, Punya Banyak Kelebihan di Darat dan Laut

Akibat kerusakan yang cukup parah tersebut, kapal tenggelam di dekat pintu masuk pelabuhan Tanger-Med di timur laut Tangier sepanjang Selat Gibraltar. Beruntung tidak ada korban jiwa pada insiden tersebut.

Agen tur Morskie Mile yang mengoperasikan kapal pesiar tersebut mengatakan, pihaknya ikut dalam pelayaran lain selanjutnya di Kepulauan Canary dan berupaya agar perjalanan para wisatawan berjalan sesuai rencana. Insiden yang terjadi minggu lalu di Selat Gibraltar bukan yang pertama kali terjadi.

Sebelumnya, paus orca pernah dilaporkan mencoba membalik kapal di lepas pantai Spanyol dan Potugal. Menurut data dari GTOA serangan yang dilakukan gerombolan paus itu telah meningkat lebih dari tiga kali lipat dalam dua tahun terakhir.

”Tidak ada yang tahu mengapa hal ini terjadi. Ini adalah sebuah misteri yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tutur Andrew W. Trites, profesor dan direktur Penelitian Mamalia Laut di University of British Colombia.

BACA JUGA:3 Warga Desa Terusan Laut OKI Menangkarkan Buaya Sejak 2015, ini Modusnya

GTOA mencatat 52 interaksi maritim dengan orca di Selat Gibraltar dan Galicia, pesisir barat laut Spanyol antara Juli dan November 2020. Insiden tersebut meningkat pada tahun-tahun berikutnya yang mencapai 197 interaksi pada 2021 dan 207 interaksi pada 2022.

 

Sumber: