KPU OKI Ingatkan Pemilih tak Percaya Pada Aplikasi APK PPS 2024

KPU OKI Ingatkan Pemilih tak Percaya Pada Aplikasi APK PPS 2024

KPU.--

KPU OKI Ingatkan Pemilih tak Percaya Pada Aplikasi APK PPS 2024

KAYUAGUNG, oganilir.co - Beredarnya aplikasi melalui WhatsApp untuk meretas handphone lewat Alat Peraga Kampanye (APK) PPS 2024 dua hari terakhir, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Komering Ilir (OKI) mengimbau pemilih untuk tidak langsung membuka aplikasi tersebut.

Ketua KPU OKI Deri Siswadi melalui Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Amrullah Aziz mengatakan,  karena aplikasi tersebut bukan dibuat secara resmi yang dikeluarkan oleh KPU Pusat. "Jadi kalau mendapat kiriman lewat WA meminta dibuka aplikasi itu jangan dibuka," kata Amrullah Aziz, Selasa 5 Desember 2023.

Pemilih juga bisa menghubungi PPK atau PPS terdekat. Termasuk juga jika ingin mendapat informasi, selama ini aplikasi yang dikeluarkan oleh KPU.

Mengenai aplikasi tersebut di Tingkat KPU  sudah mengetahui informasi tersebut. Tapi khusus ini belum ada yang mendapat kiriman lewat WA. Jadi belum ada tindak lanjut khusus bukan hanya menyasar KPU,  namun hanya aplikasi tersebut mengatasnamakan penyelenggara pemilu.

BACA JUGA:KPU Banyuasin Dirikan TPS di Perbatasan Palembang, ini Alasannya

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan divisi secara internal tapi belum ditindaklanjuti karena belum ada laporan warga yang dirugikan dari aplikasi tersebut. Berharap kerjasama dari teman Bawaslu mencegah masyarakat membuka link tersebut agak tidak dirugikan.

"Kalau mendapat kiriman aplikasi APK PPS Pemilu 2024 abaikan saja, kalau ada yang melaporkan ke KPU akan diakomodir oleh KPU," tandasnya.

Terpisah Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati terhadap aplikasi APK PPS 2024 yang disebar lewat WA. "Jangan muda percaya pada pesan WA yang masuk ke ponsel," himbaunya.

Sumber: