Bocoran Toyota Hilux Hybrid 48V, Mesin Turbo Diesel dengan Sistem Penggerak Hibrida

Bocoran Toyota Hilux Hybrid 48V, Mesin Turbo Diesel dengan Sistem Penggerak Hibrida

Toyota Hilux Hybrid 48V--

Bocoran Toyota Hilux Hybrid 48V, Mesin Turbodiesel dengan Sistem Mild Hybrid

oganikir.co - Toyota Hilux generasi terbaru akan mengusung teknologi elektrifikasi. Pikap kabin ganda ini sekarang sudah disematkan sistem mild hybrid pada mesin diesel andalannya.

Dikutip dari Newsroom.toyota.eu, Senin 4 Desember 2023, Toyota memperkenalkan Hilux Hybrid 48V. Dengan powertrain hybrid ringan yang mengombinasikan mesin turbodiesel 2,8 liter dan sistem hybrid ringan 48 volt.

Kombinasi ini menghasilkan tenaga sebesar 16 hp dan 65 Nm dari motor listrik yang terintegrasi dengan sabuk.

Bertenaga dari baterai lithium 48 volt yang diposisikan strategis di bawah jok penumpang belakang, Hilux menggunakan mesin turbo diesel 2,8 liter untuk memberikan tenaga sebesar 204 hp pada 3.400 rpm dan torsi 500 Nm pada rentang 1.600 hingga 2.800 rpm.

BACA JUGA:Toyota Veloz X Urban Segera Diluncurkan, Pecinta Otomotif Pasti Tergoda

Toyota menjelaskan bahwa baterai 48 volt memiliki bobot hanya 7,6 kg dan diisi ulang melalui energi yang dipulihkan saat pengereman, yang tidak hanya mendukung sistem pengereman tetapi juga berkontribusi pada perlambatan.

Sistem penggerak hibrida ringan ini didesain untuk menahan kondisi lingkungan yang lebih ekstrim pada kendaraan komersial, menggunakan penegang sabuk lengan ganda baru dan bahan sabuk yang lebih kuat untuk meningkatkan performa berkendara dan mengurangi kebisingan.

Dengan mengadopsi sistem hybrid ringan 48 volt, Toyota menyatakan bahwa respons throttle ditingkatkan sementara efisiensi bahan bakar naik hingga 5% dibandingkan dengan powertrain diesel konvensional.

Penambahan motor generator stater sabuk juga memberikan keuntungan dalam pengalaman off-road akselerasi yang lebih halus.

BACA JUGA:Bocoran Spesifikasi All New Toyota Rush 2024, yang Siap Mengaspal di Indonesia

Pengereman regeneratif turut berkontribusi pada keamanan menuruni bukit dan mengurangi kecepatan idle mesin pembakaran internal dari 720 rpm menjadi 600 rpm.

Toyota juga menegaskan bahwa Hilux Hybrid 48V dilengkapi dengan kedalaman rendam air hingga 700mm berkat baterai 48V kedap air dan konverter DC-DC.

Selain kemampuan off-road, Hilux Hybrid 48V memiliki kemampuan sudut pendekatan dan keberangkatan masing-masing 29 derajat dan 26 derajat, serta ground clearance 310 mm untuk kabin ganda listrik.

Sumber: