Kongres PMII ke XXI Digelar di Palembang, Kapolda Kawal Penuh

Kongres PMII ke XXI Digelar di Palembang, Kapolda Kawal Penuh

Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo --

OGANILIR.CO- Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo langsung memimpin rapat pamungkas kesiapan rencana pengamanan  Kongres Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ke XXI yang akan berlangsung di kompleks Jakabaring kota Palembang, rapat berlangsung diruang Vicon Mapolda pada Kamis 8 Agustus 2024.

Rencana kegiatan kongres PMII akan berlangsung selama seminggu mulai  9 hingga 15 Agustus 2024, diikuti oleh kurang lebih 2000 peserta kongres serta lebih 2500 peserta pendukungnya.

pembukaan kongres PMII akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

BACA JUGA:Kongres Kebudayaan Indonesia 2023 Dibuka, ini Pesan Mendikbudristek

Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo menyatakan kesiapan Polda Sumsel memberikan pengamanan dan pengawalan kegiatan kongres PMII hingga pelaksanaan kongres dapat berjalan aman dan tertib.

“Kita kawal penuh,” tegas Kapolda Sumsel memulai arahannya.

Irjen A Rachmad Wibowo mengatakan Polda Sumsel sepenuhnya memback up Polrestabes Palembang, mempersiapkan strategi pengamanan dan membantu kemudahan bagi panitia menyelenggarakan kongres PMII.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Buka Kongres PWI di Bandung Dari Istana. PWI Ogan Ilir Ikut Menyaksikan

“Untuk pengamanan kongres PMII kita all out, berdasarkan pengalaman kegiatan yang sama dibeberapa daerah, rawan terjadi gangguan keributan dalam pelaksanaan kongres,  namun sudah kita lakukan langkah pemetaan dan antisipasinya, juga terus kita lakukan pendekatan komunikasi yang intensif kepada adik adik panitia dan para pengurus PMII,” terangnya.

Sementara itu Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono dalam paparannya menyebutkan jumlah personel pengamanan berikut sarana prasarana pendukung yang diterjunkan mengawal jalannya kongres PMII agar berjalan aman dan tertib.

“Total jumlah personel pengamanan kegiatan ini berjumlah 2071 orang, yakni dari Polrestabes 1085 orang, back up dari Polda ada 296 orang, kemudian Polwan 60 orang, Sat Brimob 500 orang, BKO dari Polres Ogan Ilir 50 orang, Polres Banyuasin 50 orang serta polres Prabumulih 30,” urainya.

BACA JUGA:Pengurus PWI Ogan Ilir Hadiri Gala Dinner Kongres XXV PWI di Bandung.

“Sedangkan kendaraan yang akan dipergunakan untuk personel pengamanan diantaranya dari Dit Samapta berupa 2 unit truck Dalmas, 1 unit Ranpal, 1 unit mobil Barikade, 1 unit Raisa dan Alsus Dalmas sebanyak 200 unit. Dari Sat Brimob  ada 3 unit AWC, 3 unit Raisa, 2 unit APC, 1 unit Jibom, Alsus Anti anarkis sebanyak 100 unit dan Alsus PHH 400 unit serta sepeda motor sebanyak 50 unit,” imbuhnya.

Kapolrestabes mengaku pihaknya telah melakukan berbagai langkah koordinasi dan pendekatan kepada pihak panitia PMII untuk kelancaran pelaksanaan kongres.

Sumber: