3 Manfaat Cincau Hitam yang Sering Dihidangkan Untuk Takjil, Mampu Turunkan Demam

3 Manfaat Cincau Hitam yang Sering Dihidangkan Untuk Takjil, Mampu Turunkan Demam

Cincau Hitam--

3 Manfaat Cincau Hitam yang Sering Dihidangkan Untuk Takjil, Mampu Turunkan Demam 

oganilir.co - Cincau merupakan makanan sejenis agar-agar yang biasanya menjadi bahan campuran bahan takjil seperti, es campur, es cappucino, dan masih banyak lagi.

Terdapat dua jenis cincau yang dikenal orang, yaitu cincau hijau dan hitam. Keduanya sama enaknya, bergantung selera. Namun, saat ini cincau hitam lebih banyak dipakai oleh kedai-kedai minuman.

Cincau hitam juga disebut camcao. Cincau sendiri dibuat dari daun tanaman direndam pada air, hingga berbentuk seperti seperti gel.

Ternyata selain banyak digemari orang dengan rasanya yang enak bila dicampurkan dengan es. Cincau juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan loh.

BACA JUGA:4 Manfaat Jus Lemon Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Dehidrasi

Melansir dari buku berjudul Cincau Hitam, daun cincau hitam mengandung protein, kalisum, fosfor, besi, vitamin A, B1, C, dan air.

Berikut ini ada 3 manfaat cincau bagi kesehatan.

1. Mencegah sakit pencernaan

Daun cincau masuk jenis tanaman Platostoma palustre yang merupakan anggota keluarga tanaman mint. Kandungan gula pada tanaman ini mampu melawan bakteri penyebab sakit perut dan mengoptimalkan fungsi pencernaan.

BACA JUGA:4 Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan, Nomor 2 Wanita Pasti Suka

Komponen alkaloid yang terdiri atas vitamin A dan C terkandung dalam daun cincau. Kedua vitamin ini sangat efektif mencegah penyakit diare.

2. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Berkat kandungan antioksidannya, cincau hitam bermanfaat untuk melindungi sel beta di pankreas, yaitu sel yang memproduksi insulin. Hal ini juga turut membantu mengontrol gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Sumber: