Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 di Lubuklinggau Meningkat, ini Persentasenya

Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 di Lubuklinggau Meningkat, ini Persentasenya

Personel TNI/Polri mengangkut logistik Pemilu 2024.--

Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 di Lubuklinggau Meningkat

LUBUKLINGGAU, oganilir.co - Partisipasi Pemilihan Umum Serentak 2024 di Kota Lubuklinggau mengalami tren kenaikan 10 persen dari pada Pemilu sebelumnya.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Kota Lubuklinggau Aspin Dodi Jumat 8 Maret 2024 saat di konfirmasi seputar antusias Pemilu.

Aspin Dodi mengungkapkan, jika dibandingkan dengan Pemilu 2019, partisipasi pemilih di Kota Lubuklinggau di 2024 meningkat drastis.

"Saat Pemilu 2019 rata-rata partisipasi pemilih 70 persen. Pemilu 2024 mencapai 84-86 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Lubuklinggau 47.0887 jiwa," kata Aspin Dodi.

Untuk tingkat partisipasi pemilihan presiden dan wakil presiden mencapai 87 persen, pemilihan DPR RI 86 persen, DPD RI 86 persen, DPRD provinsi 86 Persen, DPRD Kota Lubuklinggau 88 persen.

BACA JUGA:Dokkes Polres Muratara Periksa Kesehatan Personel-Penyelenggara Pemilu

"Untuk dapil 1 pemilihan DPRD Kota Lubuklinggau, tercatat 85 persen, dapil II 86 persen, dapil III 88 persen dan dapil IV 84 persen. Yang paling tinggi Dapil 3 Lubuk Linggau pada Pemilu 2024 meliputi Kecamatan Lubuk Linggau Selatan 1 dan Kecamatan Lubuk Linggau Selatan 2," ucapnya.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi lonjakan antusias pemilih. Seperti sosialisasi yang dilakukan KPU, penggunaan teknologi seperti media sosial, meningkatnya popularitas Pemilihan Presiden dan faktor lain lainnya.

"Untuk partisipasi pemilih alhamdulillah alami peningkatan dari Pemilu sebelumnya dan antusias masyarakat cukup tinggi termasuk di kalangan pemilih pemula," timpalnya.

Meningkatnya partisipasi pemilih di Lubuklinggau tidak lepas dari peranan Pemkot kota Lubuklinggau yang terus mengajak warga untuk menggunakan hak pilih mereka untuk menentukan calon pemimpin warga di masa depan.

BACA JUGA:Besok KPU Muratara Gelar Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024, Warga Bisa Saksikan Live via Medsos

Seperti yang diungkap Pj Wali Kota Lubuklinggau H Trisko Defriyansa. Selaku jajaran Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) ia mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Lubuklinggau agar menyambut demokrasi saat Pemilu (Pemilihan Umum) 2024 dengan riang gembira.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Lubuklinggau agar menggunakan hak pilihnya. Terkait perbedaan pilihan, jangan sampai menjadi permusuhan sesama kita, itulah demokrasi, saatnya saling merangkul sesama menjaga kondusifitas kota Lubuklinggau,” tutup Trisko.

Sumber: