Pilgub Sumsel Panas, 2 Saudara Nyalon Gubernur

Pilgub Sumsel Panas, 2 Saudara Nyalon Gubernur

H Mawardi Yahya. foto: SEG--

Pilgub Sumsel Panas, 2 Saudara Nyalon Gubernur

PALEMBANG, oganilir.co - Pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumsel akan digelar pada November 2024 mendatang. Satu per satu mantan kepala daerah menyatakan diri akan mencalon sebagai gubernur Sumsel.

Pada Ahad 10 Maret 2024, Wakil Gubernur Sumsel periode 2018-2023 H Mawardi Yahya secara terang-terangan akan mencalonkan diri sebagai gubernur Sumsel berpasangan dengan Wali Kota Palembang periode 2014-2023 H Harnojoyo

Kini giliran Wali Kota Prabumulih periode 2013-2023 H Ridho Yahya yang merupakan adik kandung Mawardi Yahya akan mencalonkan diri sebagai gubernur Sumsel. Poster dan baliho Ridho Yahya berseliweran di media sosial.  

BACA JUGA:Mawardi Yahya Nyalon Gubernur Sumsel, Timses Siap Berjuang

Wali kota Prabumulih dua periode itu memilih pasangannya Bupati OKU Selatan Popo Ali Murtopo. Saat ini Popo Ali Murtopo menjabat sebagai Bupati OKU Selatan periode kedua dan akan berakhir masa jabatannya pada tahun depan. Popo Ali Murtopo terpilih sebagai bupati OKU Selatan pada 2015 lalu. 

Ridho Yahya tidak ambil pusing mengenai keputusannya akan mencalonkan diri sebagai gubernur Sumsel dan akan bentrok dengan sang kakak, H Mawardi Yahya. Dia akan melihat hasil survei pada Juli mendatang.

"No komenlah terkait itu, kita lihat saja nanti hasil survei pada bulan Juli nanti," kata Ridho Yahya kepada wartawan, Senin 11 Maret 2024.

Mantan Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya sebelumnya merupakan Bupati Ogan Ilir periode 2005-2015. Mawardi Yahya saat ini tercatat sebagai pengurus DPP Partai Gerindra. Yakni sebagai anggota Dewan Pembina.

Sumber: