Cerita Rakyat Ogan Ilir: Usang Sungging, Kisah Seniman yang Nyaris Dihukum Gantung Raja karena Lukisannya

Cerita Rakyat Ogan Ilir: Usang Sungging, Kisah Seniman yang Nyaris Dihukum Gantung Raja karena Lukisannya

Cerita rakyat ogan ilir: usang sungging, kisah seniman yang nyaris dihukum gantung raja karena lukisannya. foto: ilustrasi/joel/oganilir.co--

Perjalanan itu membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan berbulan-bulan menyusuri Sungai Ogan kemudian sampailah ke Lebak Meranjat. 

BACA JUGA:Biasanya Menertibkan, Oknum Pol PP Ini Malah Gasak Istri Orang di Hotel Melati, Meski Kabur Langsung Dipecat

Karena takut, Usang Sungging memilih tinggal di persembunyian. Bersama temannya (Hulu Balang) dia berdiam di hutan di Desa Seberang Tanjung Batu. 

Tinggalah Usang Sungging beserta Hulu Balang di Desa Tanjung Batu Seberang sambil mengajarkan keahliannya yaitu melukis, memahat, seni ukir,  bertukang, dan membuat perhiasan pada warga sekitar.

Dalam pelariannya inilah Usang Sungging menorehkan banyak peninggalan, berupa kemampuan membuta beragam karya kerajinan, dan keahlian yang diturunkan Usang Sungging itu masih dapat kita lihat hingga saat ini. 

BACA JUGA:Sudah Lama Melatih Timnas, Shin Tae Yong Perdana Rasakan Atmosfer GBK, Lawan Thailand Bakal 50 Ribu Penonton

Entah bagaimana kebenaran cerita ini, namun cerita Usang Sungging ini mengandung hikmah yang sangat dalam bagi siapa saja yang mendengarnya. 

Usang Sungging membalas kesalahannya atas karya lukis permaisuri yang rusak akibat kelalaiannya dengan mewariskan kemampuan yang luar biasa kepada masyarakat di lingkungan persembunyiannya. (*)

Sumber: