Hajar Vietnam 2-3, Timnas Indonesia U-20 Berangkat ke Piala Asia 2023

Hajar Vietnam 2-3, Timnas Indonesia U-20 Berangkat ke Piala Asia 2023

Selebrasi Marselino yang masuk di babak kedua sukses memecah kebuntuan Timnas Indonesia U-20. Marselino sukses mencetak gol indah pada menit ke 60. foto: instagram.com/@pssi/oganilir.co--

BACA JUGA:Jangan Lupa Sore Ini PSMS Medan vs Sriwijaya FC di Stadion Teladan Medan

Awal babak kedua, Marselino Ferdinan masuk menggantikan Ronaldo Kwateh untuk memperkuat sisi kiri Indonesia. Keputusan Shin Tae-yong terbukti tepat. Menit 60, mendapatkan bola di dekat kotak penalti lawan, Marselino mengecoh Nguyen Duc Phu, lantas melepaskan tembakan roket yang menjebol gawang Vietnam. Skor 1-0.

Berselang 2 menit, Vietnam menyengat. Umpan silang Nguyen Thanh Nhan disambar oleh Nguyen Quoc Viet. Reaksi Aditya Arya yang apik mencegah Garuda untuk kebobolan. Ini menjadi awal ancaman The Golden Star Warriors.

Umpan silang Khuat Van Khang kepada Thannh Nhan didorong oleh Muhammad Ferrari masuk gawang sendiri pada menit 65. Kedudukan kembali ketat, Vietnam tampak bisa membuat Indonesia gugup degan gol balasan yang cuma berjarak 5 menit.

Timnas U-20 Indonesia mencoba lebih tajam dengan masuknya Alfriyanto Nico dan Rabbani Tasnim. Namun, justru Vietnam yang bisa mencetak gol dengan skema apik. Tusukan dari sisi kanan Garuda tidak bisa dibendung, dan Dinh Xuan Tien yang datang dari lini kedua mudah saja menaklukkan Aditya Arya dalam duel satu lawan satu.

BACA JUGA:Jangan Lupa Sore Ini PSMS Medan vs Sriwijaya FC di Stadion Teladan Medan

Dalam situasi genting, Timnas U-20 Indonesia mendapatkan kelegaan. Bermula dari penetrasi Rabbani Tasnim, bek Vietnam terpaksa membuang bola jadi tendangan sudut. Dari skema bola mati ini, kapten Muhammad Ferrari menebus kesalahannya. Tandukan si nomor 4 masuk ke gawang Vietnam. Skor kembali imbang, jadi 2-2.

Garuda Muda lepas dari ketegangan pada menit 85. Kali ini, pergerakan Alfriyanto Nico di sisi kiri pertahanan Vietnam tidak bisa terbendung. Bola silang datar kirimannya berbelok oleh kiper Cao Van Binh, dan Rabbani Tasnim di mulut gawang menciptakan gol ke-3 Garuda.

Skor akhir 3-2, Timnas U-20 Indonesia mengalahkan Vietnam dan otomatis lolos ke Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan.

Pencetak Gol: Marselino Ferdinan 60', Muhammad Ferrari 82', Rabbani Tasnim 85' (Indonesia)/ Muhammad Ferrari 65' b.d., Dinh Xuan Tien 78' (Vietnam)

BACA JUGA:Babak Pertama Derby Andalas, Sriwijaya FC Tertinggal 0-1 dari PSMS Medan

Timnas U-20 Indonesia (4-4-2): Aditya Arya Nugraha: Muhammad Ferarri, Kakang Rudianto, Robi Darwis, Frengky Missa; Zanadin Fariz, Arkhan Fikri, Dimas Pamungkas, Ginanjar Wahyu R.; Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh

Vietnam U-20 (5-4-1): Cao Văn Bình; Ho Văn Cường, Tran Ngọc Sơn, Nguyen Bảo Long, Nguyen Đức Anh; Khuat Văn Khang, Nguyen Thanh Nhàn, Nguyen Đức Phú, Dinh Xuân Tiến, Bui Vĩ Hào; Nguyen Quốc Việt

Prediksi Sebelum Laga

Susunan pemain Timnas U-20 Indonesia vs Vietnam diprediksi tak akan berbeda jauh dengan saat menghadapi Timor Leste, Rabu (14/9/2022) lalu.

Sumber: