10 Manfaat Melakukan Plank Secara Teratur

10 Manfaat Melakukan Plank Secara Teratur

Ilustrasi.--

10 Manfaat Melakukan Plank Secara Teratur

oganilir.co - Plank adalah sebuah latihan fisik yang melibatkan posisi tubuh yang mirip seperti saat Anda hendak melakukan push-up, namun Anda menahan posisi tersebut tanpa melakukan gerakan naik-turun. Dalam plank, Anda berbaring menghadap ke bawah, dengan tangan diletakkan di bawah bahu Anda dan jari-jari tangan menjari ke depan. Lalu, Anda mengangkat tubuh Anda dengan menopang berat badan pada lengan Anda, dengan lengan diluruskan dan telapak tangan menempel pada lantai.

Melakukan plank adalah latihan yang melibatkan penguncian otot inti Anda dengan berbaring menghadap ke bawah dan menopang tubuh Anda dengan tangan dan kaki. Plank adalah salah satu latihan yang sangat efektif untuk menguatkan dan mengencangkan otot-otot inti Anda, termasuk otot perut, punggung, pinggul, dan panggul. Berikut adalah 10 manfaat melakukan plank secara teratur.

1. Menguatkan Otot Inti

Plank adalah salah satu latihan terbaik untuk menguatkan otot inti Anda. Ini melibatkan otot-otot perut, punggung, dan panggul Anda, yang penting untuk menjaga postur tubuh yang baik, stabilitas, dan keseimbangan.

2. Meningkatkan Kestabilan Tulang Belakang

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Ternyata Jago Main Enggrang, HD Ajak Masyarakat Senangi Olahraga Tradisional

Plank membantu menguatkan otot-otot yang mendukung tulang belakang Anda. Dengan memperkuat otot-otot ini, Anda dapat mengurangi risiko cedera tulang belakang dan meningkatkan kesehatan tulang belakang Anda.

3. Meningkatkan Postur Tubuh

Plank dapat membantu meningkatkan postur tubuh Anda dengan memperkuat otot-otot inti yang bertanggung jawab untuk mempertahankan postur yang baik. Dengan memperbaiki postur tubuh, Anda dapat mengurangi risiko nyeri punggung dan masalah postur lainnya.

4. Meningkatkan Fleksibilitas

Plank juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda, terutama di daerah bahu, tulang belakang, dan tungkai bawah. Saat melakukan plank, Anda harus mempertahankan posisi dengan memanjangkan dan mengencangkan otot-otot tubuh, yang pada gilirannya membantu meningkatkan fleksibilitas.

5. Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

BACA JUGA:Kejari OKU Selatan Setor ke Kas Negara Uang Pengganti yang Dibayar Terpidana Korupsi Lapangan Olahraga Desa

Sumber: