Panitia Terlalu Bersemangat Tiket Dicetak 42.000, Kapasitas Stadion Kanjuruhan Hanya 38.000 Orang

Panitia Terlalu Bersemangat Tiket Dicetak 42.000, Kapasitas Stadion Kanjuruhan Hanya 38.000 Orang

Mahfud MD menyoal kelebihan penonton. Panitia terlalu bersemangat tiket dicetak 42.000, kapasitas stadion kanjuruhan hanya 38.000 orang. foto: instagram.com/@mohmahfudmd/oganilir.co.--

JAKARTA, OGANILIR.CO - Menko Polhukam Mahfud MD menyoal kelebihan penonton, Mahfud MD ungkap kelebihan penonton dimana tiket dicetak 42.000 lembar.

Yang membuat miris tragedi Kanjuruhan Malang menyebabkan 127 orang meninggal

Supporter di lapangan hanya dari pihak Arema. Oleh sebab itu, para korban pada umumnya meninggal karena desak-desakan, saling himpit, dan terinjak-injak, serta sesak nafas.

Kapasitas Stadion Kanjuruhan Malang, Menko Polhukam Mahfud MD hanya 38.000 orang namun ada kelebihan penonton 4.000 orang. Itu tak sebanding dengan tiket yang dicetak.

BACA JUGA:Tragedi Kanjuruhan, 127 Tewas Dalam Kerusuhan di Stadion Usai Laga Persebaya VS Arema FC

Mahfud MD melalui unggahan Instagramnya, Minggu, 2 Oktober 2022 menyebut sudah mendapat informasi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan juga Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta.

Menurut Menko Polhukam, tragedi Kanjuruhan Malang itu bukan bentrok antar supporter Persebaya dengan Arema. Sebab pada pertandingan itu, supporter Persebaya tidak boleh ikut menonton.

Mahfud juga buka suara soal jadwal pertandingan yang digelar malam hari, sementara polisi menginginkan agar pertandingan ini digelar pada sore hari.

Sebenarnya, sejak sebelum pertandingan pihak aparat sudah mengantisipasi melalui koordinasi dan usul-usul teknis di lapangan.

BACA JUGA:Pererat Silaturahmi, P3RI Anak Cabang Sumsel Laksanakan TRIP II Tujuan Lampung

Misalnya, menurut Mahfud, pertandingan agar dilaksanakan sore hari dan bukan malam hari, jumlah penonton agar disesuaikan dengan kapasitas stadion yakni 38.000 orang saja.

“Tapi usul-usul itu tidak dilakukan oleh Panitia Pelaksana yang tampak sangat bersemangat. Pertandingan tetap dilangsungkan malam, dan tiket yang dicetak jumlahnya 42.000,” tegas Mahfud MD.

“Tak ada korban pemukulan atau penganiayaan antar supporter,” tegasnya.

Terkait kejadian Malang ini, pemerintah sangat menyesalkan atas terjadinya kerusuhan di Kanjuruhan. Pemerintah akan menangani tragedi ini dengan baik.

Sumber: