Bupati Panca : Tradisi Melebung di Musim Kemarau Perlu Dilestarikan

Bupati Panca : Tradisi Melebung di Musim Kemarau Perlu Dilestarikan

Bupati Ogan Ilir bersama masyarakat melebung ikan --

Bupati Panca : Tradisi Melebung di Musim Kemarau Perlu Dijaga 

OGANILIR.CO- Setiap musim kemarau, tradisi yang terjadi ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Ogan Ilir, yakni melebung ikan.

Acara seperti dilakukan beramai-ramai dan hasil melebung ikan, dimasak dan dimakan bersama-sama, selebihnya bisa dibawa pulang.

Begitu juga yang dilakukan Di Desa Sungai Rota Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir, warganya sengaja mengundang Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar untuk melebung ikan.

BACA JUGA:Ketua TP PKK Ogan Ilir Tikha Alamsjah Hadiri Pengajian Rutin TP PKK Sumsel

Tidak hanya Bupati Panca yang hadir atas undangan tersebut, Kapolres Ogan Ilir AKBP Andi Baso Rahman turut serta, Staf Ahli Bupati dan Kepala Perangkat Daerah Terkait Hadir .

"Kegiatan memanen ikan bersama-sama disaat musim kemarau adalah tradisi dari Daerah Kabupaten Ogan Ilir yang disebut melebung. Ini harus kita lestarikan dan dijaga,’’kata Bupati Panca.

Makma melebung sendiri selain meningkatkan silahturahmi antara Kepala Desa Se Kabupaten  Ogan Ilir kegiatan ini juga mengajak masyarakat mencintai sebuah budaya daerah.

BACA JUGA:Bupati Panca Lakukan MoU BPJS Ketenagakerjaan

"Sambil kita melebung, kepada Kepala Desa Se Kabupaten Ogan Ilie agar jangan sampai lalai dalam menghadapi karhutlah yang rawan terjadi saat ini, tetap siaga agar dapat mengantisipasi adanya titik-titik kebakaran yang ada di daerahnya masing-masing." Pintanya .

Diakui Bupati Panca, masalah Karhutla ini memang sudah menjadi masalah tahunan ketika dimusim kemarau,’’Kepada masyarakat untuk peduli terhadap titik api, bila ditemukan titik api sekecil apapun, matikan. Sebab kalau sudah membesar, sulit kita kendalikan,’’ingatnya (Sid)

Sumber: