3 Dampak Buruk Kebiasaan Melihat Handphone saat Bangun Tidur

3 Dampak Buruk Kebiasaan Melihat Handphone saat Bangun Tidur

Ilustrasi, foto ist--

3 Dampak Buruk Kebiasaan Melihat Handphone saat Bangun Tidur

oganilir.co - Keberadaan ponsel pintar atau handphone kini tidak bisa dilepaskan dari aktivitas sehari-hari manusia. Minsalnya, di pagi hari ketika bangun tidur, orang biasanya langsung membuka ponsel.

Rutinitas membuka HP saat bangun tidur ini tampaknya bukan jadi rahasia umum. Mungkin Anda adalah salah satu di antaranya yang melakukan kebiasaan tersebut.

Tak ayal, adanya HP mampu memberikan informasi terkini secara cepat dan sejumlah hiburan lainnya. Hal itu tentunya dapat membantu Anda dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Namun, seperti dilansir dari Elite Daily, kebiasaan membuka HP saat bangun tidur membawa tiga dampak buruk bagi kesehatan tubuh, meliputi:

1. Mudah Cemas dam Stres 

Dampak pertama dari kebiasaan membuka HP saat bangun tidur adalah menempatkan diri Anda dalam situasi cemas hingga mengakibatkan stres. Sebuah studi dari University of Gothenburg, Swedia menemukan bahwa frekuensi tinggi penggunaan HP berisiko pada gangguan tidur dan gejala depresi pada usia muda. Rasa cemas ini datang dari banyaknya informasi yang dibaca pengguna di layar HP saat bangun tidur. 

BACA JUGA:Catat, 4 Dampak Buruk Terlalu Sering Makan Mie Instan

2. Pikiran Jadi Kacau

Kebiasaan untuk segera memeriksa ponsel setelah bangun tidur tidak hanya mengalihkan pikiran, namun juga mengganggu ritme aktivitas selama sisa hari itu. 

3.  Kurang Produktif

Rutinitas membuka ponsel saat bangun tidur dapat membajak waktu dan perhatian Anda, sehingga membuat Anda kurang produktif saat menjalani aktivitas di hari itu. Anda mungkin akan menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menatap layar ponsel. Padahal, ada banyak agenda tugas yang semestinya segera diselesaikan. Lebih-lebih banjir informasi tadi dapat memecah fokus perhatian Anda.

Sumber: