Selain Sebagai Penyedap Masakan, Daun ini Punya Banyak Khasiat untuk Kesehatan

Selain Sebagai Penyedap Masakan, Daun ini Punya Banyak Khasiat untuk Kesehatan

Daun kemangi.--

Selain Sebagai Penyedap Masakan, Daun ini Punya Banyak Khasiat untuk Kesehatan

oganilir.co - Bagi masyarakat Sumatera Selatan yang biasa makan masakan pindang, pasti mengenal daun kemangi. Daun kemangi sering dimasukkan dalam kuah pindang sebagai penyedap atau penyegar masakan berkuah itu. 

Daun kemangi memiliki aroma khas. Yakni aroma jeruk limau yang kuat, sehingga beberapa kalangan menyebutnya sebagai lemon basil.

Ternyata mengonsumsi daun kemangi memiliki manfaat untuk tubuh. Daun kemangi sangat baik untuk mencegah bau badan tanpa bahan kimia. 

Bagaimana caranya? Caranya dengan mengonsumsi kemangi kira-kira satu genggam, sebanyak 3 kali makan. Atau, bisa juga mengonsumsi jamu yang mengandung daun beluntas.

BACA JUGA:Catat, ini 4 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Pengeluaran keringat merupakan salah satu proses alami yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat. sehingga, proses ini sama sekali tidak bisa dicegah.

Namun, yang bisa kita akukan dengan mencegah keringat yang keluar mengandung bau tak sedap. Selain mengkonsumsi bahan-bahan herbal, bisa juga menerapkan kebersihan diri atau higiene pribadi yang lebih baik.

Saat Misalnya, ketika berolahraga atau berada di lingkungan yang terik, bisa segera berganti pakaian agar keringat tidak lama berada atau melekat pada tubuh.  Karena, jika keringat dibiarkan menempel di tubuh, maka itu bisa memicu pertumbuhan bakteri-bakteri di kulit yang bisa menimbulkan bau tak sedap.

Tak hanya menghilangkan bau badan, manfaat daun kemangi yang wangi ini membantu  menghilangkan bau mulut. Kandungan eugenol membantu melawan mikroorganisme penyebab bau mulut, seperti Staphylococcus aureus, Klebsiella, dan Escherichia coli.

BACA JUGA:3 Manfaat Daun Kelor untuk Wanita

Selain itu, kandungan saponin, flavonoid, triterpenoid, dan tanin bisa menghilangkan bakteri di permukaan gigi dan air liur. Karena manfaat ini, daun kemangi juga bisa mengurangi plak dan radang gusi.

Lalu, manfaat lainnya, ternyata kemangi merupakan salah satu makanan penghilang stress. Daun ini membantu melindungi organ dan jaringan terhadap stres kimia dari paparan polutan industri, logam berat, aktivitas fisik yang terlalu berat, hingga stres psikologis.

Kemangi juga diketahui membantu melawan stres metabolik dengan cara mengendalikan gula darah, tekanan darah, dan kadar lipid. Khasiat ini berasal dari kandungan yang bersifat anticemas dan antidepresan.

Sumber: