Catat, ini 5 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Catat, ini 5 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Daun Kenikir--

Catat, ini 5 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

oganilir.co - Daun kenikir biasanya diolah atau dimasak untuk dijadikan sayur pecel, lalapan bahkan sayur berkuah santan. 

Jarang sekali orang tahu bahwa daun kenikir ternyata menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang tak bisa diabaikan. Beberapa di antaranya adalah mengobati diabetes, melancarkan pencernaan, dan menambah nafsu makan.

Daun ini mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin B, dan vitamin C. Daun ini juga diketahui kaya akan kandungan mineral, seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, seng, tembaga, dan natrium.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalam daun kenikir, tak heran jika tanaman ini dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. 5 manfaat daun kenikir sebagai berikut.

BACA JUGA:5 Manfaat Jus Mentimun Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mampu Turunkan Kolesterol

1. Mencegah osteoporosis

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun kenikir memiliki efek yang baik dalam merangsang pembentukan tulang, meningkatkan kekuatan tulang, dan mencegah tulang keropos atau osteoporosis. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi dan kalsium yang terdapat di dalamnya.

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat daun kenikir satu ini berasal dari kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Serat dapat memperlancar proses pencernaan dengan cara menyerap air ke dalam usus besar. Hal ini bisa membuat buang air besar menjadi lebih lancar.

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Alpukat Bagi Kesehatan, Orang Tua Wajib Tahu

3. Mencegah dan mengobati diabetes

Salah satu manfaat daun kenikir yang paling dikenal adalah mengobati dan mencegah penyakit diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 terjadi ketika kadar gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh karena insulin tidak dapat bekerja dengan efektif.

Beberapa penelitian menemukan bahwa daun kenikir bisa memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh dan mengurangi penyerapan glukosa berlebih dalam sistem pencernaan, sehingga kadar gula darah pun dapat terkendali.

Sumber: