5 Amalan Utama di Bulan Ramadan yang Bertabur Pahala, Yuk Amalkan

5 Amalan Utama di Bulan Ramadan yang Bertabur Pahala, Yuk Amalkan

--

Amalan utama bulan Ramadhan berikutnya adalah tadarus Al Quran. Lebih baik lagi jika mengkhatamkan Al Quran.

BACA JUGA:Motivasi Anak untuk Berpuasa, 8 Tips Berikut Wajib Diketahui Ortu

Al Quran juga diturunkan saat bulan Ramadhan. Oleh sebab itu, setiap 17 Ramadhan selalu diperingati dengan Nuzulul Quran atau malam turunnya Al Quran.

4. Perbanyak Sedekah

Sahabat yang Mulia Ibnu Abbas ra berkata: "Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, dan beliau semakin dermawan di bulan Ramadhan saat Jibril menemui beliau, dan Jibril menemui beliau setiap malam Ramadhan untuk mengajarkan kepada beliau Al-Qur’an, maka Rasulullah SAW ketika itu lebih baik dalam melakukan setiap kebaikan daripada angin yang berhembus", (HR Al-Bukhari dan Muslim).

5. I'tikaf

Amalan utama bulan ramadhan lainnya adalah i'tikaf. Muhammadiyah dalam laman resminya menjelaskan i'tikaf secara harfiah berarti berdiam diri dan menetap dalam di suatu tempat, biasanya di masjid.

BACA JUGA:Siap Siap, Pemerintah Akan Kucurkan Program Bantuan Khusus Ramadan , Ada Paket Beras, Daging & Telur

Nabi Muhammad SAW dalam suatu riwayat disebutkan melakukan i'tikaf pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Hadis riwayat Aisyah ra:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَعْتَكِفُ اْلعَشَرَ اْلأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللهُ ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ. [رواه مسلم]

Artinya: "Bahwa Nabi saw melakukan i'tikaf pada hari kesepuluh terakhir dari bulan Ramadhan, (beliau melakukannya) sejak datang di Madinah sampai beliau wafat, kemudian istri-istri beliau melakukan i'tikaf setelah beliau wafat." (HR. Muslim).

Sumber: