Gagal Menjadi Petani Karet, Kini Berhasil Budidayakan Jamur Tiram

Gagal Menjadi Petani Karet, Kini Berhasil Budidayakan Jamur Tiram

Seorang Ibu menunjukkan hasil budidaya jamur tiram--

Gagal Menjadi Petani Karet, Kini Berhasil Budidayakan Jamur Tiram

OGANILIR.CO-BUDIDAYA Jamur tiram putih tidak rumit, bisa menghasilkan biaya tambahan untuk kebutuhan sehari-hari. 

 Di Desa Payakabung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir ada kelompok masyarakat (Pokmas) yang melakukan pengembangan bidadaya jamur, dan kini tidak lagi menjadi pekerjaan sampingan justru menjadi pekerjaan utama. 

 Lantaran adanya sentuhan teknologi yang diberikan PLN dalam program TJSL. Berikut laporannya?

 Jamur tiram atau istilah lainnya Pleurotus Ostreatus, karena bentuknya seperti jamur tiram atau ovster. jamur 

Tiram selama ini banyak tumbuh berderet di sebuah kayu atau batang kayu yang lapuk. Ada beberapa jenis jamur trem yaitu Jamur tiram putih susu, Jamur tiram kelabu, Jamur tiram merah jambu dan jamur tiram coklat hingga Jamur tiram putih .

 Di Dusun II Desa Payakabung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, ada kelompok masyarakatnya (Pokmas) membudidayakan jamur tram putih.

Untuk menuju usaha kelompok Budidaya Jamur Tiram di Desa Payakabung tidak terlalu sulit, karena desa ini hanya berjarak sekitar 3 km dari ibu Kota Kecamatan Indralaya Utara atau sekitar 9 km dari Ibu Kota Kabupaten Ogan Ilir yakni Indralaya .Persisnya di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Palembang-Prabumulih Km 37 Kabupaten Ogan Ilir. 

Sekitar 1 km melalui jalan bercor beton dari jalan utama Jalinsum , akan terlihat plang nama yang ditopang dua pipa besi penyangga bertuliskan “Kelompok Budidaya Jamur Tiram Payakabung Desa Payakabung, Ogan Ilir“, lalu di bawahnya tertulis pula “Mitra Binaan PT PLN Indonesia Power UPDK 

Unit Keramasan Layanan Pusat Listrik Indralaya”. Pada sudut kiri atas juga tertulis Logo “PLN Peduli”.

Inilah lokasi usaha Budidaya Jamur Tiram, diatas lahan sekitar 1/3 hektar ada 7 Kumbung (Rumah Jamur),yakni tempat merawat baglog dan menumbuhkan jamur tiram.

Didalam Kumbung inilah terlihat rak-rak tersusun rapi untuk meletakkan ribuan baglog tempat jamur tiram tumbuh dengan suburnya .

 “Ini Kumbung milik kelompok Budidaya Jamur Tiram Payakabung, ada 7 kumbung, salah satu Kumbung yang permanen merupakan bantuan dari PLN ''kata Ketua Kelompok Budidaya Jamur Tiram Payakabung,''Eko Supandi kepada wartawan oganilir.disway.id.

 Diceritakan Mas Eko begitu panggilannya, sebelum terjun menggeluti budidaya jamur tiram ditahun 2017, dirinya 

Sumber: