Permukiman Tua di Kabupaten Muratara Ini Saksi Sejarah, Banyak Berdiri Rumah Limas Berusia Ratusan Tahun

Permukiman Tua di Kabupaten Muratara Ini Saksi Sejarah, Banyak Berdiri Rumah Limas Berusia Ratusan Tahun

Salah satu rumah tua yang ada di Desa Kertadewa Pulau Lebar, Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Muratara. Foto : izul/oganilir.co.--

MURATARA, OGANILIR.CO - Sejumlah rumah Bari atau rumah Limas khas Palembang, masih banyak ditemukan di Desa Kertadewa dan Pulau Lebar, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Muratara.

Warga mengaku permukiman tersebut merupakan, salah satu permukiman tua di Kabupaten Muratara, yang menjadi transisi budaya tempo dulu.

Bangunan tua berbahan kayu dengan usia ratusan tahun, yang di wariskan lintas generasi masih banyak ditemukan di Muratara. 

BACA JUGA:Sejarah Tol Pulau Sumatera, Berawal Dari Kota Palembang , Kini Dibangun di 6 Propinsi

Salah satunya di Permukiman warga di Desa Kertadewa dan Pulau Lebar.

Soleh, salah satu warga yang sempat dibincangi mengaku, meski 70 persen bangunan rumah di wilayah itu mulai berubah menjadi beton permanen, namun masih ada beberapa rumah khas warga lokal yang dipertahankan.

“Rumah lama itu kayunya bagus, pakai kayu Unglen yang tahan ratusan tahun. Tapi sekarang sudah banyak rumah pakai beton, karena kayu susah didapat dan mahal,” ujar Soleh, Selasa 28 Februari 2023.

BACA JUGA:Songket Bernilai Sejarah dan Satu Abad Digondol Pencuri, Hannuri Farah Dewi Berharap Pelaku Segera Ditangkap

Dia menuturkan, dulunya Desa Pulau Lebar dan Kertadewa merupakan wilayah persinggahan masyarakat tempo dulu yang manyoritas menggunakan transportasi air.

“Waktu perang tempo dulu, banyak pelarian dari Palembang sampai ke sini lewat jalur sungai. Jadi masyarakat di sini sudah beragam,” ungkapnya. (zul)

 

Sumber: