Warga Desa Sawah Terus Maksimalkan Potensi Air Terjun Ayek Deghian yang Selama Ini Terpendam

Warga Desa Sawah Terus Maksimalkan Potensi Air Terjun Ayek Deghian yang Selama Ini Terpendam

Suasana objek wisata air terjun Ayek Deghian di Desa Sawah, Muara Pinang, Empat Lawang, Sumatera Selatan yang menyuguhkan hijau Bukit Barisan dan Gunung Dempo. foto: tangkapan layar instagram.com/@ipa_desasawah--

BACA JUGA:Saling Serang, Liverpool vs Ajax Main Ngotot, Tapi Skor Masih Imbang 1-1

Deghian Artinya Buah Durian

Air Terjun Ayek Deghian (Cughop) merupakan salah satu rangkaian Air Terjun dari Sungai Deghian yang terletak di Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan. 

Dalam bahasa daerah Empat Lawang, Cughop berarti Air Terjun, Ayek berarti Air atau Sungai, sedangkan Deghian berarti buah Durian. Asal usul nama Air Terjun Ayek Deghian (Cughop) karena warna air di air terjun ini sangat jernih seperti warna air di kulit buah durian. 

Di Desa Sawah, agar masyarakat yang makan buah durian tidak mengalami mabuk durian, mereka bisa menuangkan air putih (air mineral) ke dalam kulit buah durian. Air yang dituangkan ke dalam kulit buah durian akan berwarna putih bening atau bening. 

BACA JUGA:Bukan Janda, Wanita Tewas Terjerat di Parkiran DPRD Riau Ternyata Sudah Nikah Siri dengan Saksi F

Sehat, begitulah jernihnya air di Air Terjun Ayek Deghian (Cughop). Hingga saat ini masyarakat Empat Lawang khususnya masyarakat Desa Sawah mengenal air terjun ini dengan nama Air Terjun Ayek Deghian (Cughop). 

Jarak dari Desa Sawah (melintasi Pagar Alam – Pendopo Lintang) menuju lokasi Wisata Alam Air Terjun Ayek Deghian (Cughop) memakan waktu sekitar 20 menit. 

Akses menuju lokasi wisata cukup mudah karena dapat ditempuh dengan bus, motor atau mobil. Dari Desa Sawah kita bisa parkir kendaraan roda empat atau bus di Talang Kelop & bisa parkir kendaraan roda dua di dekat lokasi Wisata Alam Air Terjun Ayek Deghian (Cughop). 

Sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Ayek Deghian (Cughop) kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang mempesona. 

BACA JUGA:Saling Serang, Liverpool vs Ajax Main Ngotot, Tapi Skor Masih Imbang 1-1

Keagungan keindahan Gunung Dempo yang menjulang tinggi, kehijauan deretan deretan perbukitan yang indah bagai lukisan, rimbunnya pepohonan dan sejuknya udara khas hutan hujan tropis, perkebunan sayuran yang tertata rapi serta luasnya perkebunan kopi robusta yang merupakan komoditi unggulan masyarakat Kabupaten Empat Lawang.

 Ini semua bonus yang akan kita dapatkan saat menjelajahi keindahan Wisata Alam Air Terjun Ayek Deghian (Cughop). 

Air Terjun Ayek Deghian (Cughop) bersumber langsung dari Lembah Merapi Gunung Dempo, keunikan lain dari air terjun ini adalah rasa asam pahit yang terdapat di air terjun karena mengandung belerang atau belerang yang dipercaya oleh masyarakat sekitar untuk mengobati berbagai penyakit kulit. 

Batu-batu ukir alami di sekitar Wisata Alam Air Terjun Ayek Deghian (Cughop) menambah nilai estetika alam dan eksotisme pemandangan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke sini. (*)

Sumber: