Rakerda LPM Ogan Ilir dan Diskusi Panel Berjalan Sukses

Rakerda LPM Ogan Ilir  dan Diskusi Panel  Berjalan Sukses

LPM Gelar Rakerda dan Diskusi Panel--

Rakerda LPM Ogan Ilir  dan Diskusi Panel  Berjalan Sukses

OGANILIR.CO-Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kabupaten Ogan Ilir  sukses  menggelar kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda)  Ke Satu dan Diskusi Panel, digedung Serbaguna Tanjung Senai Indralaya, Rabu 31 Mei 2023.

Acara tersebut menampilkan pembicara seorang  Politisi dan Tokoh Pemuda Sumsel AW.Noviadi Mawardi, S.Psi, M.Si.

Ketua DPD LPM Ogan Ilir Ruslan, ST.,MM,MT  mengatakan, Organisasi LPM Ogan Ilir  tergolong baru, karena belum genap satu tahun keberadaannya, tetapi dengan kemitraan dan dukungan penuh oleh Pemkab Ogan Ilir dibawa kepemimpinan  Bupati Ogan Ilir  Bapak Panca Wijaya Akbar,SH dan Wakil Bupati Bapak H. Ardani,SH.MH serta arahan dan bimbingan  dari Sekda Bapak H.Muhsin Abdullah,ST.,MM,MT sebagai Ketua  Pembina LPM Ogan Ilir, lambat namun pasti sudah mulai menunjukan jatidiri organisasi ini.

BACA JUGA:Upacara Lahir Pancasila, Kepsek SMAN 1 Indralaya Utara Bacakan Pidato Kemendikbud

“Kami mampu menjalankan roda organisasi selama ini, termasuk  hari ini  menggelar Rakerda dan Diskusi Panel Pemberdayaan dengan menghadirkan   seluruh Ketua LPM Desa dan Kelurahan  serta Kecamatan Se-Kabupaten Ogan Ilir, sebuah kinerja bersama,’’kata Ruslan.

Sementara acara Rakerda dibuka oleh Wakil Bupati Ogan Ilir H Ardani SH MH dengan menyebutkan, hadirnya LPM Ogan Ilir sebagai mitra Pemkab Ogan Ilir dalam menampung menjembatani aspirasi warga masyarakat dalam proses pembangunan.

Sementara itu Diskusi Panel Pemberdayaan AW Noviadi Mawardi Yahya memparkan bahwa kepengurusan dan kader LPM minimal harus  memenuhi kriteria antara lain ; sosok muda yang energik, mampu secara ekonomi, berwawasan, dan figur tokoh yang jadi panutan masyarakat.

BACA JUGA:Kastanisasi Pendidikan, Tidak Sesuai Dengan Nilai Pancasila

Dengan tegas dan lugas saat memaparkan materinya Putra Wagub Sumsel ini mengatakan bahwa  kader LPM adalah agent of change (agent perubahan) yang menjadi kekuatan penyeimbang pembangunan di masyarakat desa dan kelurahan.

“Kader LPM harus membekali diri agar betul-betul bisa menjadi lokomotif kekuatan pemberdayaan yang mampu diandalkan ditengah-tengah masyarakat"ujar Bacaleg DPR RI dan Tokoh Pemuda Sumsel ini.

Nara sumber lainnya Sekda Ogan Ilir H.Muhsin Abdullah,ST.MM,MT menyebutkan bahwa LPM adalah sebagai pelayan dan objek pelayanan.

"Suatu saat LPM harus aktiv menggali, menampung dan menginventarisir ragam aspirasi yang muncul di masyarakat, sisi lain LPM memposisikan diri sebagai objek layanan  yang akan berjuang dan meneruskan aspirasi ke jenjang tingkatan atas" katanya.

Menurut H Muhsin, saatnya LPM "BANGKIT" alias Berbudaya, Aman, Nyaman, Gairah, Kolaboratif, Inovatif dan Terdepan"

Sumber: