Catat, 10 Makanan-Minuman ini Baik untuk Kesehatan Jantung

Catat, 10 Makanan-Minuman ini Baik untuk Kesehatan Jantung

Ilustrasi.--

Catat, 10 Makanan-Minuman ini Baik untuk Kesehatan Jantung

oganilir.co - Bermacam cara dilakukan seseorang untuk diet makanan yang tujuannya menghindari penyakit kardiovaskular.

Penyakit kardiovaskular adalah suatu kondisi yang memengaruhi jantung dan pembuluh darah seseorang. Statistik yang diterbitkan oleh American College of Cardiology mengatakan, satu dari setiap empat kematian (25 persen) di Amerika pada tahun 2008 disebabkan oleh penyakit jantung. Ada beberapa faktor risiko yang berkontribusi terhadap penyakit jantung.

Penyebab penyakit jantung adalah pola makan yang tidak sehat adalah salah satu penyebab utama yang bisa dikontrol. Anda bisa memasukkan makanan sehat jantung ke dalam diet, berikut adalah daftar yang bisa membantu Anda.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Curejoy.com.

1. Ikan

Mengonsumsi ikan yang merupakan makanan kaya asam lemak omega-3 membantu meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Asam lemak omega-3 membantu mengurangi peradangan yang merupakan salah satu penyebab kerusakan pembuluh darah dan stroke. Dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan per minggu. Beberapa jenis ikan yang kaya omega-3 antara lain salmon, sarden, trout, mackerel, herring, dan tuna.

BACA JUGA:8 Sayuran yang Baik Untuk Kesehatan Mata

2. Kacang

Kacang adalah sumber asam lemak omega-3, serat, protein, dan beberapa vitamin dan mineral. Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, mereka bisa menjadi makanan ringan berenergi tinggi yang ideal. Mengonsumsi kacang bisamembantu menurunkan LDL atau kolesterol “jahat” dalam tubuh kita.

Hal ini pada gilirannya mencegah pembentukan blok di pembuluh darah dan arteri. Beberapa kacang sehat termasuk kenari, almond, hazelnut, dan pecan.

3. Biji

Biji kaya serat, asam lemak tak jenuh tunggal, dan vitamin E dan membantu meningkatkan kesehatan jantung. Biji chia dan biji rami dikenal karena kandungan asam lemak omega-3 mereka. Jika dikonsumsi dalam porsi yang cukup, mereka membantu mengurangi penumpukan plak di arteri dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

4. Biji-bijian Utuh

Sumber: