Warga Kabupaten Musi Rawas Demo Kapolres Lubuklinggau, Ada Apa?

Warga Kabupaten Musi Rawas Demo Kapolres Lubuklinggau, Ada Apa?

Aksi massa warga Musi Rawas yang meminta Kapolres Lubuklinggau dicopot, Rabu 9 Agustus 2023. foto: zulkarnain SEG--

Warga Kabupaten Musi Rawas Demo Kapolres Lubuklinggau, Ada Apa?

LUBUKLINGGAU, oganilir.co - Aksi massa dilakukan warga Desa Sukaraya Baru, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas, Sumsel, Rabu 9 Agustus 2023 dengan mendatangi Mapolres Lubuklinggau. Kedatangan puluhan warga Kabupaten Musi Rawas ke Mapolres ini meminta Kapolres Lubuklinggau AKPB Indra Arya Yudha dicopot dari jabatannya.

 

Lo kok bisa? Ini karena anggota Polres Lubuklinggau melakukan pungli terhadap pedagang asal Desa Sukakarya Baru, Kecamatan STL Ulu Terawas yang berdagang keliling di Kota Lubuklinggau.

 

Puluhan warga mendatangi Mapolres Lubuklinggau dengan cara berjalan kaki dan menaiki kendaraan roda empat, sembari membawa spanduk berisi sejumlah keluhan dan tuntutan warga.  Masalah ini mencuat, dari penangkapan Heriyanto, pedagang sembako asal Desa Sukaraya Baru oleh kepolisian Polres Lubuklinggau atas dugaan penyalahgunaan dan perniagaan bahan bakar minyak dan gas bersubsidi pada Senin 3 Juli 2023 sekitar pukul 17.30 WIB lalu.

 

Juru bicara aksi dari Posko Orange dan Suara Muda Kelas Pekerja (SMKP) Muhammad Arira Fitra mengatakan bahwa penangkapan Heriyanto terbilang sewenang-wenang. Dan diduga dimanfaatkan oleh pihak kepolisian untuk melakukan pemerasan (pungli). 

BACA JUGA:Bagaimana Nasib Mayor Dedi yang Menggeruduk Mapolrestabes Medan? ini Kata TNI

 

"Korban diminta uang damai sebesar Rp20-25 juta sebagai dalih penyelesaian kasus tersebut," kata Muhammad Arira Fitra. Dalam orasi itu sejumlah massa lantang meneriakkan keluhan mereka yang kecewa terhadap pelayanan pihak kepolisian yang seharusnya mengayomi dan menjadi mitra masyarakat.

 

"Copot, copot, copot Kapolres Sekarang Juga," begitulah yel yel yang diteriakan masa.

 

Sumber: