Peluang Gibran Jadi Cawapres Terbuka, ini Gurita Bisnis Putra Sulung Jokowi

Peluang Gibran Jadi Cawapres Terbuka, ini Gurita Bisnis Putra Sulung Jokowi

Gibran Rakabuming Raka bersama Prabowo Subianto. foto: Instagram @prabowosubianto--

Peluang Gibran Jadi Cawapres Terbuka, ini Gurita Bisnis Putra Sulung Jokowi

JAKARTA, oganilir.co - Kendati Mahkamah Konstitusi (MK) menolak uji materi pasal usia 40 tahun Calon  Presiden dan Calon Wakil Presiden UU No 7 Tahun 2017 tentang  Pemilihan  Umum. Namun syarat pernah menjabat sebagai kepala daerah dikabulkan. Dengan begitu, peluang untuk Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo, yang juga merupakan putra sulung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) untuk dicalonkan sebagai calon Wakil Presiden terbuka lebar.

Diketahui, wacana Prabowo Subianto akan berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka untuk mencalonkan diri sebagai Capres dan Cawapres menjadi perbincangan. Bahkan, putusan MK ini dikatakan bisa menjadi game changer dalam pencalonan capres dan cawapres yang akan dibuka pendaftarannya pada Kamis 19 Oktober 2023.

Nama Gibran sendiri banyak menyedot perhatian publik, dan dinanti keputusan politiknya. Apakah dirinya akan mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden yang diusung partainya saat ini, yakni PDI Perjuangan, atau justru bersedia dicalonkan menjadi calon Wakil Presiden-nya Prabowo. Tak hanya karier politiknya saja yang menimbulkan pro dan kontra, kiprah bisnisnya sebelum terjun ke dunia politik juga sering menjadi perhatian publik.

Gibran diketahui memiliki bisnis di bidang kuliner, game hingga jas hujan. Salah satu yang paling terkenal adalah startup bernama Goola yang pada tahun 2019 lalu mendapatkan suntikan modal dari firma modal ventura Alpha JWC senilai US$5 juta. Kabarnya bisnis Gibran ini akan dikelola oleh sang adik Kaesang Pangarep.

BACA JUGA:MK Siap Bacakan Putusan Uji Materi Usia Capres-Cawapres

Lalu apa saja deretan bisnis yang dimiliki ayah dari Jan Ethes ini. Berikut daftar bisnisnya.

Goola

Startup ini bergerak di bisnis kios produk minuman tradisional, sebut saja Es Doger Jeger, Es Kacang Hijau, dan Es Goola Aren.

Gibran menargetkan pangsa pasar kelas menengah untuk bisnisnya ini. Goola bisa ditemui di sejumlah mal ternama di Jakarta.

Katering Chilli Pari

Bisnis ini sudah berdiri sejak 2010 lalu dan dimulai dengan modal Rp700 juta untuk membeli peralatan katering. Chili Pari juga sudah dikenal jadi salah satu bisnis jasa boga di kota Solo.

BACA JUGA:Pergerakan Advokat Nusantara Ultimatum MK Jika Kabulkan Gugatan Usia Capres-Cawapres

Bukan hanya Solo, Katering Chilli Pari juga membuka jasanya di sejumlah kota seperti Yogyakarta, Ngawi, Madiun dan Semarang.

Sumber: