4 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Salam dan Serai, Salah Satunya Bisa Turunkan Kolesterol

4 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Salam dan Serai, Salah Satunya Bisa Turunkan Kolesterol

Air rebusan daun salam dan serai--

4 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Salam dan Serai, Salah Satunya Bisa Turunkan Kolesterol 

oganilir.co - Daun salam dan serai merupakan bumbu masakan yang sering orang gunakan untuk menambah cita rasa suatu makanan.

Selain sebagai penyedap masakan, ternyata daun salam dan serai juga termasuk tanaman herbal yang mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, daun salam mengandung vitamin dan senyawa yang baik seperti vitamin B2, B3, C, tanin, alkaloid, steroid, triterpenoid, dan flavonoid.

Bahkan serai sendiri juga serai juga mengandung senyawa seperti flavonoid dan fenolik yang merupakan agen antibakteri dan antijamur yang efektif.

BACA JUGA:4 Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Nomor 2 Anak Muda Wajib Tahu

Berikut ini ada 4 manfaat yang terjadi bila sering minum air rebusan daun salam dan serai.

1. Menurunkan kadar gula darah

Daun salam memiliki kandungan minyak esensial, tanin, fenol-flavonoid, dan terpenoid. Di mana, senyawa fenol-flavonoid merupakan senyawa yang dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga daun salam diduga memiliki efek antidiabetes. 

Sementara itu, menggabungkannya dengan serai juga bisa membantu mengontrol gula darah dengan menyerap gula di dalam tubuh agar tidak terjadi kenaikan atau pun penurunan gula darah yang signifikan.

BACA JUGA:5 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan, Wanita Pasti Suka

2. Menjaga fungsi hati dan ginjal

Serai dapat berfungsi sebagai detoksifikasi yang dapat membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh, termasuk hati dan ginjal. 

Sementara itu, daun salam memiliki sifat diuretik yang membantu meningkatkan fungsi ginjal. Sifat diuretik itulah yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil, yang pada gilirannya membantu menghilangkan racun dari tubuh.

Sumber: