Pengamanan Ketat Jelang Nataru di Palembang, Polisi Kerahkan K9 dan Anjing Pelacak Cegah Potensi Kejahatan

Pengamanan Ketat Jelang Nataru di Palembang, Polisi Kerahkan K9 dan Anjing Pelacak Cegah Potensi Kejahatan

Petugas Kepolisian Unit K9 dan anjing deteksian barang-barang penumpang di pelabuhan Boom Baru. foto: adi/koransumeks/oganilir.co--

PALEMBANG, OGANILIR.CO – Rencana pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) hingga saat ini terus dilakukan. 

Beberapa objek vital dan tempat wisata tak luput dari pengawasan dan penempatan personel, termasuk pendirian posko di beberapa titik di Kota Palembang yang dianggap rawan aksi kriminalitas, penyebaran Covid-19, dan aksi terorisme.

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhammad Ngajib menjelaskan walaupun perayaan Nataru masih beberapa pekan lagi, tetapi upaya pencegahan dan proses pemetaan terkait situasi dan kondisi di lapangan akan terus dilakukan. 

“Hal ini bertujuan untuk mengetahui lokasi dan titik rawan aksi kriminalitas,” ujarnya saat meninjau kesiapan pengamanan Nataru di Pelabuhan Boom Baru.

BACA JUGA:Tarik Paksa Bocah, Pemulung di Prabumulih Nyaris Dimassa, Penculikan atau Bukan, Kasusnya Masih Diusut Polisi

Dikatakan, pihaknya berusaha memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat, baik di pengaturan lalulintas serta pengamanan dalam upaya memberi perlindungan dan pengayoman ke masyarakat. 

“Beberapa objek vital lain juga kita pantau ketat, seperti bandara, stasiun, terminal, tempat wisata, dan tempat ibadah,” imbuhnya.

Pihaknya pun sudah melakukan komunikasi dan koordinasi ke instansi terkait, melakukan floating personel termasuk pendirian pos pengamanan dan pos pelayanan dalam rangka perayaan Nataru. 

Apalagi saat ini situasi pandemi sudah menurun dan normal berbanding terbalik dengan situasi tahun lalu. Dipastikan masyarakat yang akan merayakan Nataru lebih euforia. 

BACA JUGA:Prediksi 16 Besar PD Qatar: Belanda dan Argentina Wajib Waspada, Amerika-Australia Potensial Gusur Raksasa

“Namun kita tetap mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga kesehatan dan tidak lengah,” ulasnya.

Kapolsek KPSP Pelabuhan Boom Baru, Iptu Nora Marlinda mengungkapkan untuk pengamanan Nataru, pihaknya sudah melakukan antisipasi dan pemetaan. 

Dalam hal keamanan, terutama dari aksi kriminalitas dan terorisme. “Kami kerahkan Unit K9 dan anjing pelacak untuk mendeteksi peredaran narkoba dan tindak pidana terorisme,” bebernya. 

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan pos pengamanan dan pelayanan termasuk personel khusus di titik-titik rawan kriminalitas dan kecelakaan sekitar Pelabuhan Boom Baru. (afi/fad)

Sumber: