WASPADA! Fenomena El Nino Ancam Dunia, Dari Kebakaran Hutan Hingga Terserang Penyakit

WASPADA! Fenomena El Nino Ancam Dunia, Dari Kebakaran Hutan Hingga Terserang Penyakit

Fenomena El Nino mengancam dunia dan menimbulkan beragam dampak mulai dari kebakaran hutan hingga terserang penyakit.-Foto: NOAA-

Selain itu, dalam bidang pertanian, El Nino dapat menyebabkan rusaknya tanaman dan kekurangan pasokan air, yang pada akhirnya membuat petani merugi.

Risiko kebakaran hutan juga meningkat selama musim kemarau. Kelembaban udara yang tinggi juga dapat memicu kemunculan hama dan menyebabkan penurunan hasil panen.

Dalam konteks kehidupan laut, El Nino dapat menyebabkan perpindahan ikan ke perairan yang lebih sesuai, sehingga pendapatan nelayan menurun.

Meski demikian, pemerintah Indonesia telah mempersiapkan diri menghadapi El Nino, seperti yang diungkapkan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

BACA JUGA:WOW, Uang Kertas Rp 100 Kapal Pinisi Bisa Ditukar Motor Baru, Kolektor Bongkar Faktanya

“Saya meminta seluruh K/L terkait juga pemerintah daerah untuk mulai bersiap sejak dini, memperhitungkan segala langkah yang mesti ditempuh agar pengalaman buruk delapan tahun lalu tidak terulang kembali,” ujar Luhut Pandjaitan melalui akun Instagram pribadinya.

“Setidaknya sejak saat ini kami menyiapkan teknologi modifikasi cuaca sebagai senjata menghadapi El Nino,” imbuh Luhut.

Sumber: