Ini Nama Calon Komisioner Bawaslu Sumsel Hasil Seleksi Pansel

Ini Nama Calon Komisioner Bawaslu Sumsel Hasil Seleksi Pansel

Bawaslu.--

Ini Nama Calon Komisioner Bawaslu Sumsel Hasil Seleksi Pansel

PALEMBANG, oganilir.co – Seleksi calon komisioner Bawalu Sumsel yang dilakukan Panitia Seleksi sudah  mengerucut menjadi empat orang. Dari 50-an pendaftar, setelah melalui beberapa tahap seleksi, mulai dari psiko test, Kesehatan, dan wawancara, Pansel memutuskan empat calon komisioner Bawaslu Sumsel untuk dikirim ke Jakarta mengikuti uji kepatutan dan kelayakan yang dilaksanakan Bawaslu RI.

Anggota Panitia Seleksi Bawaslu Sumsel Surya M Nur SPd MSi mengatakan bahwa keempat calon komisioner Bawaslu Sumsel yang mengerucut menjadi empat orang tersebut adalah Ardiyanto, Massuryati, Hibza Meiridha Badar, dan Deri Siswadi. Saat dibuka pendaftaran beberapa bulan lalu, ada 50-an pendaftar dan lolos seleksi administrasi. Ke-50 pendafar tersebut mengikuti semua rangkaian dan tersisa 8 orang.

“Delapan orang inilah yang  mengikuti psiko test dan wawancara yang  dilaksanakan pansel. Hasilnya empat calon  anggoota Bawaslu Sumsel yang  akan dikirim ke Bawaslu RI,” kata Surya M Nur kepada oganilir.co (Grup SUMEKS.CO), Sabtu 17 Juni 2023 pagi.

Bawaslu Sumsel sendiri, lanjut Surya M Nur, butuh dua komisioner. Empat calon komisioner yang diajukan Pansel akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan Bawaslu RI.

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Bawaslu Ogan Ilir, Jadi Pelajaran Buat OPD

“Tahapan seleksi selanjutnya ada di Bawaslu RI. Tugas kita sudah selesai,” ujarnya.

Kapan uji kepatutan dan kelayakan akan dilakukan Bawaslu RI? Surya M Nur lupa tanggal dan waktunya. Jadwal dan tahapan seleksi ada di buku pedoman yang diberikan Bawaslu RI.

“Yang pasti secepatnya,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, dari empat calon komisioner Bawaslu Sumsel yang akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan tersebut, tiga diantaranya merupakan komisioner KPU di beberapa kabupaten/kota di Sumsel. Yakni Deri Siswadi (KPU OKI), Massuryati (KPU Ogan Ilir), dan Ardiyanto (KPU Mura). 

 

Sumber: