Komdis PSSI Ungkap Ancaman Sanksi Bagi Arema, Tak Bisa Menggelar Laga Kandang di Sisa Musim

Komdis PSSI Ungkap Ancaman Sanksi Bagi Arema, Tak Bisa Menggelar Laga Kandang di Sisa Musim

Buntut Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Saksi berpotensi didapat Arema. Komdis PSSI ungkap ancaman sanksi bagi Arema tak bisa menggelar laga kandang di sisa musim. foto: tangkapan layar bbc news/oganilir.co. --

MALANG, OGANILIR.CO -  Kericuhan suporter saat laga  Arema FC vs Persebaya, Sabtu, 1 Oktober 2022 di Stadion Kanjuruhan, MALANG, Jawa Timur sangat disesalkan banyak pihak. 

Sanksi tegas bakal dikenakan pada Arema FC. Komdis PSSI Erwin Tobing  menyebut ada ancaman bagi Arema, yakni tidak lagi bisa menggelar laga kandang sampai sisa musim ini habis. 

Komdis sendiri menurut Erwin masih melakukan pengumpulan data dan belum bisa memastikan berapa korban yang meninggal atau terluka dalam insiden ini.

Ketua Komdis PSSI Erwin Tobing menyesalkan kericuhan hingga membuat 127 orang meninggal dunia, yang terjadi paska laga Arema FC vs Persebaya, Sabtu, 1 Oktober 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang.

BACA JUGA:Derbi London Milik Arsenal, Tottenham Hotspur Tak Berdaya Digelontor 3 Gol, The Gunners Kokoh di Puncak

Kericuhan sejatinya dipicu oleh hasil buruk Arema FC yang kalah dari Persebaya Surabaya dengan skor 2-3. 

Ribuan Aremania mengamuk, kerusuhan pun pecah. Parahnya, ada tembakan gas air mata di dalam stadion. Kondisi itu membuat penonton panik sampai akhirnya banyak yang tumbang.

Komdis sendiri masih menunggu laporan dari PT Liga Indonesia Baru sebelum menggelar sidang terkait kasus tersebut.

"Arema bisa jadi dalam sisa pertandingan kompetisi Liga 1 2022/23 tidak diperkenankan menjadi tuan rumah. Selain itu, sanksi lainnya juga menanti," ancam Erwin.

BACA JUGA:Derbi London Milik Arsenal, Tottenham Hotspur Tak Berdaya Digelontor 3 Gol, The Gunners Kokoh di Puncak

"Namun, apabila ada korban yang meninggal itu sudah menjadi ranah pidana dan akan ditindaklanjuti oleh kepolisian. Kami dukung aparat Kepolisian untuk menindaklanjuti insiden ini," tegasnya. 

Seperti diberitakan, tragedi Kerusuhan di Kanjuruhan Malang ini telah mencoreng wajah sepakbola tanah air. Kerusuhan Aremania di Stadion Kanjuruhan Malang ini berimbas pada hancurnya 13 mobil yang parkir di sekitar stadion.

Mobil dinas Polri menjadi sasaran kebrutalan suporter Arema Malang seperti mobil patroli, truk Brimob, mobil patwal, dan mobil K9.

Dari 13 mobil yang rusak, 10 di antaranya adalah mobil dinas milik Polri, sementara sisanya adalah mobil pribadi milik warga. Mobil polisi ini dalam keadaan terguling dan sebagian dalam keadaan terbakar.

Sumber: jpnn