Promosikan Keindahan Taman Nasional Sembilang Merbak, Ada Burung Migran

Promosikan Keindahan Taman Nasional Sembilang Merbak, Ada Burung Migran

Foto : Aqda/SEG--

Promosikan Keindahan Taman Nasional Sembilang Merbak, Ada Burung Migran

BANYUASIN, oganilir.co - Taman Nasional Sembilang Merbak menurut Penjabat Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH merupakan intan berliannya Bumi Sedulang Setudung. "Intan berliannya Banyuasin, " kata PJ Bupati usai membuka Festival Sedulang Setudung di Sungsang, Kecamatan Banyuasin II, Sabtu 16 Desember 2023.

Oleh karena itu, masyarakat terutama dari luar Banyuasin harus mengetahui adanya intan berliannya Kabupaten Banyuasin tersebut. 

Sehingga pada Tahun 2024 mendatang, ia akan mempromosikan Taman Nasional Sembilang Merbak secara nasional."Ke depan akan diagendakan secara masif, agar dunia tahu kalau Banyuasin memiliki Burung Migrain yang begitu indah, "tukasnya.

Apalagi ini adalah anugerah Allah SWT yang dihadiahkan untuk Kabupaten Banyuasin itu harus manfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan pendapatan daerah.

BACA JUGA:Bingung Libur Nataru Mau Kemana? Pesona Keindahan Alam dan Kesejukan Kota Pagaralam Bisa jadi Pilihan Terbaik

Mengenai kegiatan lomba foto dan konten kreator yang diadakan Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Banyuasin yang mengangkat taman nasional sembilang Merbak itu. 

Hani menegaskan mendukung mengambil momen langka saat Burung Migrain lagi berimigran dari Australia dari bulan Oktober sampai Desember.

"Selamat mengikuti lomba ini dan hasilkan karya foto terbaik sebagai sarana promosi TNS ke kancah nasional dan internasional, " ungkapnya. 

Diketahui, saat bulan Oktober – Januari, yaitu adanya perpindahan atau burung migran dari Siberia menuju Australia. Untuk menuju lokasi TN Sembilang Merbak. 

BACA JUGA:Libur Akhir Tahun, Yuk Ajak Keluarga Kunjungi 7 Tempat Wisata Religi yang Ada di Kota Palembang

Diperkirakan lebih dari 65 jenis burung air yang berkembang biak di lahan basah indonesia khususnya TN Sembilang Merbak (penetap/resident). Selain itu ada sekitar 27 jenis burung yang migran di dataran lumpur Semanjung Banyuasin – TN Sembilang Merbak setiap tahunnya.

Mulai dari jenis burung Trinil pembalik batu, burung pantai, burung kedidi putih, burung kedidi merah, burung kedidi gol – gol, burung kedidi leher merah, burung kedidi besar, burung cerek tilil, burung cerek pasir besar, burung cerek pasar mongolia, burung biru laut ekor blorok, burung biru laut ekor hitam.

Burung trinil lumpur asia, burung kedidi paruh besar, burung gajahan besar, burung gajahan timur, burung gajahan pengala, burung cerek kunyut, burung cerek besar, burung trinil tutul, burung trinil semak, burung trinil nordman, burung trinil kaki hijau, burung hijau, burung trinil rawa, burung trinil kaki merah dan burung trinil bedakan. 

Sumber: