Pilkades Serentak Rampung Diluar Prediksi

Pilkades Serentak Rampung Diluar Prediksi

Pilkades di Muarata selesai dengan aman--

Pilkades Serentak Rampung Diluar Prediksi

MURATARA, oganilir.co - Pelaksanan Pemilihan kepala Desa serentak 2023, di kabupaten Muratara, akhirnya rampung di luar prediksi. Sebelumnya, banyak pihak yang menduga pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah ini akan berlangsung panas dan diwarnai beragam konflik.

Ketua panitia Pilkades tingkat Kabupaten, yakni H Alfirmasyah karim mengatakan, terkait pelaksanaan Pilkades serentak di Muratara menuturkan. Pelaksanaan Pilkades berjalan lancar tanpa gesekan konflik di tengah masyarakat.

"Alhamdulillah semua pelaksanaan lancar, dan dari 25 desa yang melaksanakan Pilkades, sudah rampung. Hingga saat ini tidak ada gugagatan terkait hasil pelaksanaan Pilkades serentak di Muratara," katanya Rabu 1 November 2023.

Pihaknya menegaskan, Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Muratara 2023 berlangsung Jujur Adil, Langsung Umum Bebas dan Rahasia, Aman Damai Sejuk Riang Gembira.

BACA JUGA:25 Desa di Muratara Gelar Pilkades, 83 Cakades Siap Bertarung

Namun ada beberapa point yang masih menjadi sorotan dalam pelaksanaan Pilkades tahun ini, seperti masyarakat, Kandidat, tim sukses agar dapat mematuhi semua ketentuan yang sudah terapkan.

"Itu seperti yang kita sampaikan dalam deklarasi damai, fakta integritas, dan seluruh proses harus sistematis. Jika semua pihak mematuhi dan menjalankan itu, tidak mengakibatkan konflik dan lainnya," ujarnya

Untuk desa yang melakukan pemilihan di peroleh hasil, Desa Maur Lama di menangkan M Saad dengan 609, Lubuk Rumbai Baru, kades terpilih Abdul Sani 282 suara, Batu Gajah Baru 440 suara, Beringin Jaya Bobi Irawan 574 suara, jadi Mulya I, kades terpilih Sri lestari perolehan 229 suara, belani sandi hermanto dengan perolehan 673 suara, beringin sakti Perri dengn perolehan 263 suara.

Pauh I Juherman perolehan 1193, beringin makmur I, M Azhari 978 suara, muara kuis Mulkan perolehan 249 suara, kuto tanjung, Ahmad Sukri perolehan 365 suara, telada Karnito perolehan 737 suara, pulau lebar kades terpilih Tabrani jumlah suara 268.

BACA JUGA:Ini Alasan 8 Pilkades di Banyuasin Gunakan e-Voting

Pangkalan kades terpilih Hendra 708 suara, Sungai Lanang, kades terpilih Junaidi, simpang nibung rawas, kades terpilih Sakuan jumlah suara 291, Lubukmas kades terpilih mukti, jumlah suara 279, embacang baru kadea terpilih Robin Hud jumlah  603.

Desa karang Anyar, dimenangkan Martono, desa noman baru dimenangkan Mustazamaah, desa Mandi angin kades terpilih Wiwin Saputra, Desa Tanjung Raja dimenangkan Susita, Desa Batu Kucing dimenangkan Susita,  desa Kertasari Hardiono, desa Bina Karya dimenangkan Edi Riyanto.

Sementara itu, pantauan di Kantor DPMPD Muratara sempat di kabarkan akan ada masa yang mau melakukan aksi protes dari Desa Karang Anyar. Namun hingga pukul 15.00 WIB, sejumlah pasukan yang di pimpin Kabag Ops Polres Muratara Kompol Dedi Rahmad Hidayat, menegaskan situasi konduaif dan tidak ada pergerakan masa.

Sehingga sejumlah personil pengamanan dari Dalmas, Polres dan Polsek di Kabupaten Muratara, di bubarkan. "Informasi terakhir dari pak Kapolres, situasi aman dan kondusif. Namun pengamanan akan tetap disiagakan," tutupnya.

Sumber: