5 Manfaat Buah Kecapi Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Anemia

5 Manfaat Buah Kecapi Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Anemia

Buah Kecapi--

5 Manfaat Buah Kecapi Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Anemia

oganikir.co - Buah kecapi atau biasa dikenal dengan buah sentul, adalah buah berukuran kecil dengan daging berwarna putih identik seperti buah manggis.

Buah kecapi memiliki kulit yang cukup tebal dan berbiji besar. Buah kecapi rasanya manis namun sedikit asam. Dikutip melalui laman Healthy Benefits, Buah kecapi berasal dari Semenanjung Malaya dan Indochina.

buah ini memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat dari buah kecapi.

1. Mencegah Anemia

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Ciplukan, Salah Satunya Dapat Mencegah Diabetes Melitus

Buah kecapi juga dikenal bisa mencegah anemia. Buah kecapi memiliki kandungan zat besi dan mineral yang cukup tinggi. Kandungan tersebut berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, buah kecapi juga mengandung vitamin C yang dapat membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh.

2. Mencegah Wasir

Wasir merupakan kondisi kesehatan yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah pada saluran anus. Menderita wasir tentu saja akan sangat menggangu kenyamanan, karena bisa menimbulkan rasa nyeri setiap kali akan BAB. Untuk mengatasi masalah kesehatan seperti wasir, kamu bisa mengonsumsi buah kecapi. Buah kecapi memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan endotel sehat dalam pembuluh darah. Tak hanya itu, kandungan serat pada buah kecapi sangat berguna dalam menjaga konsistensi tinja agar tetap lunak. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengejan terlalu keras ketika BAB.

3. Mengatasi Sebelit

Manfaat lain dari buah kecapi adalah dapat mengatasi diare dan sembelit. Kandungan serat yang terdapat pada buah kecapi, sangat efektif dalam mengatasi masalah kesulitan BAB. Kandungan serat pada buah kecapi juga bisa mengubah tekstur dari tinja menjadi lunak, sehingga akan mudah untuk dikeluarkan.

4. Meningkatkan Imun Tubuh

Dikutip melalui salah satu artikel detikHealth, mengonsumsi buah kecapi sangat bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan imun tubuh manusia. Buah kecapi mengandung zat antioksidan dan vitamin C yang tinggi sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh.

BACA JUGA:Catat, ini 3 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan Tubuh

Sumber: